Bunga

Informasi dan Fakta Seputar Bunga Daffodil

Daffodil juga dikenal sebagai Jonquil, Narcissus, Paperwhite, dan ‘Poet’s Hower‘. Nama spesiesnya adalah Narcissus, setiap daffodil adalah narcissus tetapi tidak semua narcissi (jamak narcissus) adalah daffodil. Narcissus adalah nama botani untuk genus. Nama ‘daffodil’ umumnya digunakan untuk bunga berbentuk terompet tunggal.

Nama ‘Narcissus‘ berasal dari mitologi Yunani. Seorang nimfa, jatuh cinta pada pemuda Yunani Narcissus yang hanya mencintai dirinya sendiri dan karenanya menolaknya. Dia meninggal karena patah hati. Narcissus suka melihat bayangannya di genangan air, berdiri di sana dan mengagumi kecantikannya. Para dewa kemudian marah padanya dan mengubah Narcissus menjadi bunga dan dinamai menurut namanya – bunga Narcissus.

Bunganya memiliki enam kelopak yang tersusun dalam bentuk bintang dengan trompet tengah menghadap ke luar. Batang bunga tunggal adalah 30 – 50 cm (12-20 inci) panjang, batang berbunga banyak biasanya lebih pendek. Mereka bervariasi dalam ukuran dan warna tergantung pada varietas. Ada lebih dari 25.000 varietas narcissus dalam nuansa kuning, putih, peachy pink, oranye, dan bicolor. Banyak bunga daffodil yang harum.

Daffodil dibudidayakan pada zaman Romawi, mereka membawa lampu daffodil ke Inggris. Daffodil berasal dari Eropa barat selatan dan telah digunakan secara medis selama berabad-abad. Di Eropa narcissi ditanam secara komersial di Kepulauan Channel, Inggris, Kepulauan Scilly dan Belanda.

Penting untuk dicatat bahwa bongkahan daffodil beracun dan bisa sangat berbahaya terutama saat dimakan. Banyak toko bunga mendapatkan daffodil gatal: kekeringan, kekenyalan dan celah di tangan dan ketebalan di bawah kuku karena kalsium oksalat di getahnya. Pada bulan Mei 2009, dilaporkan bahwa selama kelas memasak di sekolah, sejumlah siswa di Inggris jatuh sakit setelah salah mengira bongkahan daffodil untuk bawang dan menambahkannya ke sup. Anak-anak itu kemudian dibawa ke rumah sakit sebagai tindakan pencegahan, dan segera diizinkan pulang ke rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top